Pages

Monday, 24 February 2014

Should I go to Germany?

So... kita sudah melihat situasi, kondisi, dan berbagai macam syarat birokrasi untuk bisa tembus masuk spesialisasi di Jerman. Lalu, secara khusus, bagaimana perasaan para TS yang akan menghadapi ujian Approbation ini? 

Berikut pendapat real time dari beberapa sejawat yang masih berjuang untuk mendapatkan Approbation.


Bagaimana pendapat kalian, mengenai ujian Appro yang mesti kita adapi ?

S : Wah, gw nyesel ke sini. Tau ada ujian Appro gitu mah, gw dari dulu stop aja belajar bahasa di Goethe. Gw takut, Dave. Aduh, setiap mikir tuh ujian gw masih ragu-ragu kapan ya mesti ngambilnya. Tapi kalo enggak ngambil2 gw nggak bisa dapet kerja yang dibayar. Mau mundur udah nanggung, modal udah keluar banyak n bokap terus nanyain kapan bisa mandiri. Lu tau kan cui, berapa 1 EUR sekarang ini? Apalagi gw udah bayar agen 10,000 EUR..... 

D : Gw sih dari dulu emang mau ke Eropa. Selama masih ada kesempatan ya mesti dicoba. Masalahnya, cuma Jerman yang buka akses buat dokter asing...

A : Aduh gilaaaa.... Gw udah 3 bulan jadi GA rasanya pegeeel banget. Tapi mau gimana lagi, bahasa Jerman gw belum lancar n ngomong masih aa-uu. Nih tiap bulan keluar duit terus kagak berhenti-berhenti. Nyesel gw ke sini, tapi kalau di Indo mah malah lebih parah!! Mau ke mana lagi??!! Nih sekarang gw masih nyicil belajar Interna sama Bedah, nanti enggak tau satunya kena ujian apa lagi...

W : Yah, jalani aja lah. Pusing gw mikirin gituan.

Y : kalo aku sih ke sini emang mau lakukan apa yang aku suka. Nanti kalau sudah spesialis aku mau pulang ke Indo. Mungkin, kalau sudah ada Appro nanti aku bakal lebih lama tinggal di sini sebelum pulang Indo.

V : (Belum sempat ditanya ybs sudah spesialisasi ke tempat lain)

F : I have to tell you, this is crazy. I have to open my surgery book and radiology again to pass this exam. (Note : dia seorang Sp. Interna) 


Seandainya..... ujian Appro tidak berhasil dan harus pulang ke Indonesia, masih mau spesialisasi di sana?

S : Enggak. Sama sekali enggak! Gw mau nerusin usaha bapak gw buka toko. Ya elah, lu jaga klinik 24 jam dapet berapa cui, sehari? 

D : Ahaha... becanda ah.... kagak lah.. mending gw buka apotek mempekerjakan Sp deh hhe...

A : Enggak lah ya...

W : ........ 

Y : Jadi dokter di Indo itu ya cuma bisa buat sandaran hidup saja. Aku mau minta diajari familiku buka toko entar kalau pulang Indo.



Seandainya berhasil melewati ujian Appro, kalian mau lanjut di Jerman?

S : Lanjut. Itu memang mau gw dari dulu. Gw ambil Sp di sini emang karena mau tinggal di sini.

D : Yah, paling sampe Sp aja deh, terus cari kerjaan di luar Jerman. Tapi kalo balik Indo sih, pikir2 lagi deh....

A : Ya iya lah. Gak pulang-pulang gw, orang di sini enak. Enggak ada yang berisik sepanjang hari, dan aman cui.... 

W : Ya entar di lihat lah gimana. Gw sekarang belum ada gambaran lah.......

Y : Dari dulu emang aku ke sini cuma mau ambil spesialisasi, terus pulang. Sudah ada tempat buat penyetaraan nanti di Indo.

F : I have to pass this exam, because it is not possible to come back to my country (Syria). Or else...


Menurut kalian, ujian Approbation itu realistis apa enggak sih? Yah.... seandainya kalian pemberi kerja, lalu kedatangan dokter asing yang bahasanya masih aah-uuh, belum disertifikasi, dan hanya bisa kerja di bawah tanggung jawab kalian. Kalian mau kasih kerjaan buat dia?

S : Kagak gw kasih lah.

D : Satu sisi gw lihat, Jerman kekurangan tenaga dokter, sisi lain mereka harus kedatangan dokter dari berbagai negara, termasuk timur tengah yg lagi perang. Kualitas dokter dari sini ya pasti beda lah sama kita. Menurut gw ujian ini masih realistis sih, tapi tuntutannya enggak realistis. Orang gak bisa kerja dapet duit kan, tanpa ini?!

A : Approbation tuh enggak realistis. Kenapa enggak pake ijin sementara aja?! Masa orang sudah berahun2 praktek di sini masih harus penyetaraan lagi? Bisa enggak praktek lagi tuh dia...

W : Kalo gw sih, kagak gw kasih kerjaan dia.

F : My situation now is very bad. But what other option I have? Another site, the German will know, that their regulation about this Prüfung will give them huge impact. No auslandische Arzt want to work with them. You are very lucky, I you fail, you still have a home to go back..... for me, if I`m the Chefarzt, I will give the foreign doctor without Approbation half money. Minimal he can live and work, before he face the Prüfung.