Seite

Tuesday, 14 May 2013

Biaya Hidup di Jerman

OK, sambil refreshing, sebelum saya menulis topik lain yang serius, ada baiknya saya membuat posting kecil  di sini. Saya akan menulis tentang biaya hidup di Jerman.

Kalau kita berpikir cermat, sebenarnya tidak sulit untuk tahu berapa besar total biaya hidup yang dibutuhkan per bulannya. Amati saja, berapa uang minimal yang sudah diwajibkan pemerintah Jerman untuk disetor sebelum kita mengajukan lamaran Visa Student / Sprachkurs. Jumlahnya sekitar 8400 EUR, bukan?! Nah, kita bagi saja 12 bulan, hasilnya 700 EUR / bulan. 

Selanjutnya soal rincian biaya. Kira-kira, uang sebesar 700 EUR itu kemana saja larinya? Berikut perhitungan biaya hidup kasar per bulan untuk yang tinggal di kota kecil :

  • Biaya WG (ambil yang rata-rata) : 230 EUR
  • Makan : 5 EUR / Hari = 150 EUR
  • Buku2 (Kuliah, dll) : 100 EUR
  • Transportasi : 70 EUR
  • Rekreasi : 50 EUR
  • Sisa untuk kebutuhan lain : 100 EUR
Untuk ukuran orang Indo memang sih, 700 EUR (9,1 juta rupiah) itu biaya yang besar sekali. Apalagi hanya untuk menopang kehidupan seorang mahasiswa sebulan. Dengan duit segitu, sebuah keluarga dengan tiga anak bisa hidup sangat berkecukupan di Indo. Tapi memang, semua di sini dibuat dengan kualitas perfekt, termasuk juga tuntutan kualitas studi dan pekerjaan yang (akan) anda lakukan. 

Setelah tahu besarnya biaya hidup di sini, pertanyaan kita adalah : seberapa besar kesungguhan kita untuk belajar dan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada?

.... baca selengkapnya di buku "Kuliah dan PPDS di Jerman".

1 comment:

  1. Dave boleh saya tanya, apakah uang jaminan sebesar 8040 Euro di DB sebelum kita ke Jerman itu yang akan kita pakai selama sehari2 untuk hidup ataukah kita harus memiliki simpanan uang lain untuk dipakai dan 8040 itu tidak boleh dikeluarkan.

    Trims.

    ReplyDelete