Seite

Wednesday, 8 May 2013

Tempat Kursus Bahasa di Jerman

Berapa Lama Belajar Bahasa?

Jawabannya adalah : bervariasi. Seperti yang kita ketahui, bahwa beberapa Uni di Jerman menuntut kemampuan berbahasa yang berbeda-beda. Sebagian mensyaratkan B1, B2, namun ada juga yang mengharuskan memiliki sertifikat C1 (seperti jika ingin mengambil jurusan Medizine di Uni Heidelberg misalnya). Khusus di Uni tempat saya belajar, mereka tidak menerapkan sistem itu, melainkan calon mahasiswa harus lulus Tes DAF (semacam Toefl bahasa Jerman).

Tingkat kesulitan tes DAF ini sendiri adalah di antara B2 dan C1, dan sertifikatnya berlaku dua tahun. Setara dengan test DAF adalah DSH, yang berlaku seumur hidup.

Baik tes DAF maupun DSH tidak mengharuskan seseorang memiliki sertifikat tertentu sebelumnya, alias bisa diambil sewaktu-waktu. Tetapi perlu diingat, ia hanya berlaku untuk calon mahasiswa, dan bukan untuk calon pelamar Berufserlaubnis (ijin kerja), dimana diperlukan sertifikat B2.

*) khusus untuk mahasiswa kelas internasional, tidak diperlukan kemampuan bahasa Jerman.


Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran bahasa di sini sedikit berbeda dengan di Indonesia. Pada semua tingkat, penekanan tidak lagi dilakukan pada Sprechen (berbicara), tetapi pada hal lain seperti Horeverstehen,  Leseverstehen, Text Produktion,  Grammatik, dan juga Didaktik*. Münclich Sprache sudah dianggap bisa karena setiap hari digunakan di setiap situasi, dan pada banyak tempat kursus bahkan ia tidak diuji. Buku yang digunakan pun kurang lebih sama : Aspekte. 

Prosedur belajar kurang lebih sama dengan di Indonesia, yaitu ada ujian placement test di hari pertama. Hasil dari test inilah yang dipakai sebagai penempatan kelask dan bukan pemesanan kelas yang sudah kita lakukan dari Indonesia. Misal, kita mendaftar di kelas B2, tetapi hasil placement test hanya tingkat B1, maka tetap kita harus mengulang di kelas B1. Sertifikat yang kita miliki dari tempat kursus sebelumnya menjadi tidak berlaku.


Biaya Kursus

Bervariasi, mulai dari 200 EUR sampai 500 EUR per paket 10 minggu. Untuk kursus yang sudah sangat terkenal seperti Goethe Institut Jerman, mereka mematok harga sekitar 2000 EUR per paket 10 minggu. Sedangkan kursus swasta lain ada yang mematok harga sampai 350 EUR per satu bulan kursus.

5 comments:

  1. Kak perkenalkan nama saya Tera, mau tanya maksudnya kursus yang dibawah Uni itu "German Preparatory Language Course" bukan ya? Kalau mau daftar itu, apa sama prosedurnya dgn seperti mendaftar Uni-nya? Terus kalau mau lanjut ke Studienkolleg Uni tersebut apa lebih mudah krn sudah jadi "bagian" Uni tersebut?

    Danke im Voraus :)

    ReplyDelete
  2. Yap. Betul sekali. Disebut "German Preparatory Language Course" karena untuk mempersiapkan mhs asing yang mau ambil kuliah kelas bahasa Jerman.

    Biasanya yang ambil kelas ini tujuannya juga sudah jelas, setela lulus mau kerja juga di Jerman.

    ReplyDelete
  3. Halo

    Saya baru tau untuk kursus jerman di universitas. Cara pendaftarannya gimana ya? Langsung aja kontak pihak uni yang qta inginkan atau ada website khusus? Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Kak saya mau bertanya, untuk mendaftar kursus bahasa yg diselengarakan uni syaratnya apa saja? apa harus terdaftar di uni tersebut? kalau saya ambil B1 di goethe indonesia kemudian saya ikut kursus B2 yg diselenggarakan uni tetapi saya belum mendaftar studienkolleg apakah bisa?

    Danke im Voraus :)

    ReplyDelete
  5. selamat malam. saya ije, sdh slesai program strata 1 dan sedang kuliah profesi, saya ingin bertanya, dimana saja tempat khursus bhs jerman ini ada? ada ndak di padang ( sumatera barat) ?

    ReplyDelete